Selasa, 25 Oktober 2016

Alat Music Kota Ambon

Alat Musik

1.Tifa

Tifa adalah alat music yang berasal dari maluku, Tifa sangat mirip seperti gendang, yaitu dimainkan dengan cara di pukul.
Tifa terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu ujungnya ditutupi dengan kulit rusa yang telah dikeringkan agar menghasilkan suara yang bagus dan indah, Bentukbnya biasanya dibuat dengan ukiran agar terlihat variatif dan indah.
Tiap-tiap suku yang ada di maluku dan papua memiliki tifa yang berbeda-beda dengan ciri khas nya masing-masing.

Tifa biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional dan digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara adat maupun acara penting lainnya.



2.Gong

Gong merupakan alat yang sudah tidak asing lagi terdengar di Asia tenggara dan Timur. Gong adalah alat musik tradisional yang memiliki banyak modelnya, Tetapi saat ini sudah tidak banyak lagi pengrajin Gong.

Gong yang telah di tempa belum tentu dapat di tentukan nadanya, Biasanya nada gong baru terbentuk apabila setelah dibilas dan dibersihkan, Dan jika nadanya masih belum sesuai, Maka gong harus dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis.

3.Arababu

Arababu adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, Alat musik ini berjenis rebab, Wadah gemanya terbuat dari kayu atau tempurung.



4.Idikordo

Idikordo merupakan alat musik tradisional yang menyerupai siter berdawai tiga, Idikordo dimainkan dengan cara di petik.
Alat musik ini bisa disebut juga Tatabuhan.

5.Korno

Korno merupakan alat musik yang terbuat dari siput yang dinamakan Fuk-fuk. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup.

0 komentar:

Posting Komentar