Sabtu, 29 Oktober 2016

Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Kali ini saya akan membahas tentang Alat Musik Tradisional dari Jawa Barat, Karena Jawa Barat tidak hanya terkenal memiliki tempat wisata yang elok serta indah, Tetapi terdapat budaya dan tradisi leluhur yang wajib kita lestarikan. Salah satunya adalah Alat Musik Tradisional.
Berikut ada beberapa jenis alat musik tradisional dari Jawa Barat :

1. Angklung
Angklung adalah alat musik yang sudah mendunia, Maka kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk melestarikan kebudayaan Indonesia ini. Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu, dan dibunyikan dengan cara digoyang. Benturan antar badan pipa bambu akan menghasilkan nada bunyi tertentu, yang disesuaikan dengan besaran bambu yang digunakan.

2. Tarawangsa
Tarawangsa adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek dengan alat tertentu. Alat musik ini memiliki 2 dawai, namun hanya satu dawai saja yang dibunyikan dengan cara digesek, dan dawai lainnya dibunyikan dengan cara dipetik dengan jari telunjuk. Tarawangsa dimainkan dengan diiringi oleh alat musik sejenis Kecapi atau disebut dengan Jentreng.

3. Jentreng

Jentreng adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan disentuh. Alat musik ini mirip dengan alat musik kecapi akan tetapi ukurannya yang lebih kecil dan hanya memiliki 7 buah senar. Jentreng biasanya dibuat dari kayu kembang kenanga atau dari kayu nangka.

4. Karinding
Karinding merupakan alat musik tradisional yang berasal dari suku sunda. Untuk pemakaian karinding mempengaruhi bahan pembuat karinding itu sendiri. Untuk karinding yang dibuat dengan bambu akan digunakan oleh perempuan, Bentuknyapun sedikit kecil dan memanjang. Sedangkan untuk karinding yang terbuat dari pelepah kawung akan digunakan oleh pria. Cara memainkan kerinding sangat unik, yaitu karinding dengan 3 ruas ini didekatkan kemulut, salah satu sisinya dipukul dengan jari tangan, Akibat pukulan tersebut akan menghasilkan vibrasi suara.

5. Kecapi
Kecapi merupakan alat musik utama dalam tembang sunda atau mamaos cianjuran. Kecapi merupakan salah satu icon dari jawa barat yang dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi dapat dibedakan menjadi 2, yaitu kecapi indung (kecapi induk) dan kecapi rincik ( kecapi anak). Diduga alat musik kecapi ini sudah ada sebelum abad ke 15, dimana kecapi indung digunakan untuk mengiringi pantun sunda.

6. Rebab
Rebab adalah alat musik yang dimainkan dengan cara menggesek dua buah senarnya. Rebab terbuat dari kayu, dan untuk menggetarkan suaranya harus ditutup dengan kulit tipis yang memiliki tangga pentatonis.

7. Arumba
Arumba merupakan alat musik yang juga terbuat dari bambu sama seperti angklung. Pada awalnya alat musik ini menggunakan pentatonis sebagai tanda nada yang ia hasilkan. Namun saat ini Arumba memakai nada Diatonis.

8. Celempung
Celempung adalah alat musik yang terbuat dari hinis bambu (kulit bambu) yang dimainkan dengan cara dipukul. Setiap pukulan pada hinis bambu pada celempung akan menghasilkan resonasi bunyi. Celempung dapat dimainkan dengan 2 cara, yaitu yang pertama dengan cara dipukul pada kedua alur sembilu secara bergantian, Tergantung ritme dan suara yang di inginkan.
Yang kedua dengan cara diolah ( tangan kiri mengatur besar/kecil suara yang keluar dari badan celempung ). Suara yang dihasilkan pada celempung bisa beragam, Tergantung pada keahlian pemain.

9. Calung
Calung adalah alat musik yang dibunyikan dengan cara dipukul. Bilah bambu yang disusun berjajar ini dipukul ruas-ruasnya sehingga menimbulkan nada. Alat musik ini dibuat dari beberapa jenis bambu, seperti dari bambu hitam (awi wulung), Namun ada pula yang terbuat dari bambu putih (awi temen). Alat musik ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu calung rantay dan calung jinjing. Calung rantay bilah tabungnya dideretkan dari yang terbesar hingga yang terkecil, Jumlahnya ada 7 ruas bambu atau lebih. Calung jinjing berbentuk deretan bambu bernada yang disatukan dengan sebilah kecil bambu (paniir).

10. Suling
Jenis suling di Jawa Barat terdapat 2 maca, Ada suling yang dibuat dengan 4 lobang, Dan ada yang dibuat dengan 6 lobang. Yang 4 lobang mengeluarkan suara lebih berdengung dibanding dengan yang memiliki 6 lobang.

0 komentar:

Posting Komentar