Jumat, 28 Oktober 2016

Alat Musik Sumatra Selatan

1. Tenun

Tenun adalah alat musik tradisional dari sumatra. Alat musik ini dinamakan tenun karena dahulunya sering dimainkan ketika para wanita sedang bekerja menenun kain. Alat musik ini sebagai sara hiburan dan pelipur rasa bosan bagi para wanita yang bekerja sehari-hari.
Untuk memainkan alat musik ini cukup mudah, Yaitu dengan memukul menggunakan kayu pada bagian-bagian tertentu untuk menghasilkan nada yang berbeda.



2. Burdah atau Gendang Oku

Burdah adalah alat musik berjenis gendang yang terbuat dari kulit hewan dan kayu nangka. Alat musik ini bisa juga disebut Gendang Oku karena ditemukan pertama kali dalam budaya masyarakat Ogan Komering Ulu atau OKU, maka banyak orang yang menyebut alat musik ini dengan nama Gendang Oku.
Burdah biasanya dimainkan dalam acara-acara adat sebagai alat musik ritmis. Cara memainkannya yaitu dengan cara ditepuk pada bagian kulit membrannya dengan menggunakan telapak tangan. Alat musik biasanya dimainkan saat upacara pernikahan, Latihan pencak silat, Atau saat ada upacara adat di palembang.

3. Kenong Basemah

Kenong Basemah adalah alat musik yang buat oleh suku Basemah di bagian barat provinsi Sumatra Selatan, Di daerah pagar alam. Bentuk Kenong Basemah sama seperti kenong pada umumnya tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.
Alat musik ini terbuat dari tembaga yang dapat dimainkan bersama Gamelan dan berfungsi sebagai alat musik melodis. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul pada bagian atasnya menggunakan alat pemukul khusus.
4. Kolintang
Kolintang adalah alat musik tradisional yang berupa susunan logam kecil yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus. Alat musik ini biasa dimainkan pada saat upacara adat atau upacara seni tradisional. Kolintang memiliki berbagai nama di daerah lain Indonesia, seperti di Riau alat musik ini disebut dengan nama Calempong atau Talempong.

5. Gambus


 Gambus dikenal sebagai alat musik tradisional Riau. Namun hal tersebut bukan berarti tidak dimainkan oleh suku melayu di Palembang Sumatra Selatan.
Gambus palembang dimainkan dengan cara dipetik, Alat musik ini terbuat dari kayu dengan enam dawai. Gambus dapat berfungsi sebagai alat musik melodis dan juga bisa berfungsi sebagai alat musik harmonis.

6. Terbangan


 Terbangan adalah alat musik yang dibawa oleh masyarakat Melayu Aceh. Terbangan terdiri dari 4 buah rebana dan dimainkan bersama serunai saat upacara khitan, Syukuran, Dan upacara pernikahan adat palembang.

7. Genggong


Genggong adalah alat musik tradisional Sumatra Selatan, Genggong dimainkan dengan cara ditiup. Genggong dapat dibuat dengan berbagai macam bahan, Seperti bilah bambu, Pelepah enau, Atau dari logam. Untuk mengatur nada pada Genggong adalah dengan getaran lidah dan tangan.

0 komentar:

Posting Komentar