Sabtu, 29 Oktober 2016

Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Masyarakat dunia mengakui bawah kesenian Reog adalah kesenian asli yang berasal dari Jawa Timur atau lebih tepatnya di ponorogo. Selain di ponorogo masih ada kesenian asli Jawa Timur seperti ludruk, dan alat-alat musik tradisional khas Jawa Timur. Dan kali ini saya akan membuat artikel tentang Alat Musik Tradisional dari Jawa Timur.

Berikut adalah Alat Musik Tradisional dari Jawa Timur :

1. Terompet Reog
Terompet Reog adalah alat musik yang dibunyikan dengan cara ditiup. Terompet reog ponorogo memiliki ciri khas dan bunyi yang unik. Terompet Reog terbuat dari kayu, bambu dan tempurung kelapa. Bentuknya sangat unik yaitu ukuruan besar diujung bawah dan mengerucut mengecil dibagian yang ditiup serta ada sekat yang terbuat dari tempurung kelapa dengan bentuk menyerupai kumis sang peniup reog. Terompet reog memiliki 6 lubang yang berfungsi  untuk mengatur nada serta 1 lubang di pangkal untuk meniup.

2. Angklung Reog
Angklung reog memiliki kekhasan jika dibandingkan dengan alat musik angklung dari Jawa Barat. Namun angklung reog memiliki bentuk lengkungan dibagian atas dan dihiasi aksesoris dan pernik warna-warni sehingga lebih menarik dan agar senada dengan pakaian para penari reog.

3. Saronen
Saronen adalah alat musik dan nama kesenian yang berasal dari Madura Jawa Timur. Saronen merupakan alat musik yang dibunyikan dengan cara ditiup pada bagian yang berlubang kecil. Saronen berbentuk kerucut, Yang terbuat dari kayu jati dengan 6 lubang berderet didepan dan satu lubang dibelakang. Sebuah gelang kecil dari kuningan mengaitkan bagian bawah dengan bagian atas pada ujungnya yang terbuat dari daun siwalan. Pada Ujung Saronen ( Tempat Meniup ) terdapat sebuah sayap dari tempurung yang menyerupai kumis.

0 komentar:

Posting Komentar