Sabtu, 29 Oktober 2016

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Kali ini saya akan membahas tentang Alat Musik Tradisional dari Jawa Tengah, Karena masyarakat Jawa Tengah memang dikenal sebagai kebudayaan termaju di antara suku-suku lainnya yang berada di nusantara.

1. Bonang

Bonang adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat tertentu. Alat musik ini pada umumnya terbuat dari logam-logam seperti perunggu, Kuningan, atau Besi. Untuk alat pemukul harus digunakan khusus yang terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kain atau karet. Alat musik Bonang memiliki 2 jenis, Yang pertama adalah bonang barung yang berukuran lebih besar dan berfungsi sebagai pembuka atau penuntun dari sebuah iringan musik gamelan, Dan yang kedua adalah Bonang penerus yang berukuran lebih kecil yang digunakan pada saat-saat tertentu saja.

2. Saron atau Rici
Saron atau Ricik merupakan bagian dari musik gamelan yang termasuk dari keluarga balungan. Sarpm terbuat dari lembaran-lembaran logam yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul khusus yang terbuat dari kayu. Saat setelah dipukul, Wilahan harus dipencet atau dipathet untuk menghentikan dengungan yang dihasilkan sebelum wilahan lainnya dipukul.

3. Kendang
Kendang adalah alat musik yang terbuat dari kulit hewan, seperti hewan lembu, kambing, dan sapi. Alat musik ini dapat juga dibuat dengan kayu, seperti kayu nangka, cempedak, dan kelapa. Cara memainkannya yaitu dengan cara ditepak dengan telapak tangan. Alat musik ini menghasilkan bunyi yang dapat menjadi pendanda bagi pemain alat musik gamelan lainnya untuk mengatur tempo atau irama lagu.

4. Demung

Demung adalah sarong yang berukuran besar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus. Demung memiliki 2 jenis yang biasa dimainkan, yaitu demung Slendro dan Demung  Pelog. Perbedaanya terletak pada ukuran dan bunyi yang dihasilkan.

5. Kenong
Kenong adalah instrumen yang berfungsi sebagai penegas pada sebuah iringan musik dalam permainan gamelang. Alat musik ini juga dimainkan dengan cara dipukul. Kenong mempunyai bentuk yang sama persis dengan bonang.

6. Gambang
Gambang adalah alat musik yang terbuat dari bahan kayu dan difungsikan sebagai pangrengga lagu. Alat ini merupakan Instrumen yang terbentuk dengan rangkaian 20 bilah, Alat ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tabung khusus.

7. Gong dan Kempul
Gong dan Kempul adalah alat musik yang terbuat dari timah atau tembaga. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

8. Slenthem
Slenthem adalah alat musik yang dimainkan untuk menghasilkan dengungan rendah atau biasa disebut gema. Dengungan dari Slenthem ini akan mengikuti nada saron dan balungan. Alat musik ini juga dimainkan dengan cara dipukul.

9. Suling
Suling merupakan instrumen yang penting dalam permain gamelang. Suling terbuat dari pring wuluh dan paralon. Suling dimainkan dengan cara ditiup untuk menghasilkan nada-nada yang laras dan mampu melengkapi harmonisasi dari alat musik lainnya.

10. Siter
Siter adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Sumber bunyi alat musik ini berasal dari string (Kawat) pada intrumen yang menghasilkan nada-nada harmonis untuk  memperindah untaian musik gamelan. Ada 2 jenis Siter, yaitu siter penerus yang berukuran lebih kecil dan Siter Clempung yang berukuran lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar