Sabtu, 29 Oktober 2016

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

Kali ini saya akan menuliskan provinsi hasil pemekaran yaitu Sulawesi Barat.

Berikut adalah Alat Musik Tradisional dari Sulawesi Barat :

1. Kecapi Mandar
Kecapi Mandar memiliki bentuk yang sekilas seperti perahu, Kecapi mandar dibuat dari kayu dan memiliki 2 dawai. Kecapi Mandar adalah alat musik yang berasal dari Poliwali Mandar.

Kecapi mandar mempunyai tiga tema untuk lagu yang dibawakan, yaitu Tolo (yang berisi cerita kepahlawanan, Tere ( nyanyian pujian pada orang), dan masala (nyanyian religi).

2. Calong
Calong adalah alat musik yang berbahan dasar Buah kelapa dan bambu. Biasanya alat musik Calong dimainkan secara solo, tetapi setelah perkembangannya maka dapat dimainkan secara massal. Calong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kayu.

3. Pakkeke
Pakkeke adalah alat musik yang terbuat dari bambu berukuran kecil yang diujungnya terdapat daun kelapa kering yang dililitkan sebagai pembawa efek bunyi yang dihasilkan. Pakkeke termasuk alat musik tiup. Pakkeke dimainkan untuk seni pertunjukan.

4. Gongga Lima
Gongga Lima adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Alat musik ini di bunyikan dengan cara di pukulkan ke tangan.

5. Rebana atau Rawana
Rebana adalah alat musik yang termasuk dalam jenis membrapon, yaitu musik tersebut menggunakan kulit sebagai sumber bunyi atau selaput yang direntangkan. Cara memainkannya dengan cara ditepuk dengan menggunakan telapak tangan.

0 komentar:

Posting Komentar